Gedung Kampus Utama Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) dan Harvard University

Penampakan dari dekat sekali gedung Rektorat ITKK. Di latar depan, Paulus Misi dan Adil Bertus AS.


SANGGAU NEWS : Kampus baru Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK), atau kerap disebut Gedung Rektorat, tinggal menunggu hari akan selesai finishing

Menurut rancangan, bulan Maret 2024 seluruh kegiatan dan perkuliahan akan diadakan di kampus baru ini.

Rencananya, akan diresmikan dengan suatu acara berkelas internasional 4 - 5 Agustus 2024 bertepatan dengan Dies Natalis yang ke-4. 

Sekadar menyegarkan ingatan, Institut Teknologi Keling Kumang berdiri di Kabupaten Sekadau dengan SK Mendikbud Nomor 720/M/2020 tanggal 5 Agustus 2020.

Baca Institut Teknologi Keling Kumang, Sekadau Termegah Dan Ter Ter Lainnya Di Bumi Lawang Kuwari

Sedianya, peresmian gedung baru ini nanti akan ditandai dengan Hari Studi. Para akademisi dan cerdik cendikia akan membahas topik yang menjadi masalah dan persoalan masyarakat setempat dan terkini. 

Selain itu, peresmian kampus baru itu juga ditandai dengan peluncuran 50 buku ber-ISBN karya dosen, tendik/non-tendik, manajemen, serta sivitas akademika ITKK. 

Jadi, bukan hanya fisiknya yang diutamakan. Melainkan keseimbangan kualitas mutu akademiknya juga perlu dibangun seiring sejalan seirama.

Serupa tapi tak sama

Hal yang menarik, adalah mengamati fisik bangunan dan ciri khas arsitekturnya. Sekilas, Gedung Rektorat ITKK yang berada di Jalan Sintang, dari arah Sekadau itu, serupa tapi tak sama dengan kampus Harvard University.

Gedung rektorat Harvard University. Sumber: kompas travel

Bukan siapa meniru siapa. Namanya keindahan dan kebenaran itu: bulat. Keindahan dan keunggulan dapat ditemukan di berbagai tempat dan dalam berbagai konteks. Pembandingan antara desain arsitektur Kampus Institut Teknologi Keling Kumang dan Gedung Utama Rektorat dengan bangunan utama Harvard University menyoroti keunikannya masing-masing.

Meskipun arsiteknya tidak pernah ke Amerika dan pemborongnya tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi, namun dedikasi, belajar, dan pengalaman mereka membuktikan bahwa kemampuan untuk menciptakan bangunan yang indah tidak terbatas oleh latar belakang pendidikan formal atau pengalaman internasional. Hal ini menunjukkan pentingnya nilai-nilai lokal, dengan menonjolkan nuansa khas Dayak dan keIndonesiaan dalam desain kampus tersebut.

Baca Hunatech : Fokus Sekaligus Kompetensi Inti Institut Teknologi Keling Kumang

Pencapaian ini memperlihatkan bahwa bakat, semangat belajar, dan kreativitas dapat menghasilkan karya yang luar biasa, bahkan di luar batas-batas konvensional. 

Dengan memadukan keunikan lokal dan inspirasi internasional, desain arsitektur dapat menjadi cermin dari identitas dan nilai-nilai komunitas setempat.

Pertama di Sekadau

Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK), sebagai perguruan tinggi setingkat di bawah universitas di Sekadau, menandai era baru dalam sejarah pendidikan tinggi di wilayah tersebut. 

"Bumi Lawang Kuwari" julukan wilayah Sekadau, merasa mendapat limpahan berkah karena kehadiran ITKK niscaya menjadi pengungkit meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sekadau.

Apalagi, ITKK oleh masyarakat dan pendirinya diproyeksikan menjadi pusat keunggulan yang tidak hanya menciptakan lingkungan akademis berkualitas tetapi juga merangsang pertumbuhan dan pembangunan di Sekadau, khususnya sebagai kota pelajar yang berkembang.

Visi ITKK bukan hanya tentang memberikan pendidikan tinggi, tetapi juga tentang mencetak sarjana terampil, berpengetahuan, dan berkarakter baik. 

Pendidikan yang diberikan di ITKK diarahkan untuk memberdayakan mahasiswa agar memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman, pengetahuan yang mendalam dalam bidang studi mereka, dan karakter yang mencerminkan nilai-nilai moral dan etika.

Dengan mengutamakan kualitas lulusan, ITKK berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sekadau dan juga kontribusi lebih luas kepada kemajuan bangsa. 

3 Program Studi andalan

ITKK fokus pada program studi berbasis STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) yang sangat relevan dengan perkembangan zaman. Ini adalah langkah yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di sekitar.

  1. Prodi Entrepreneurship/Kewirausahaan dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan bisnis dan kewirausahaan.
  2. Prodi Rekayasa Komputer akan memberikan pemahaman mendalam tentang teknologi komputer. 
  3. Prodi Agroteknologi akan membantu mengatasi tantangan di sektor pertanian dengan menggunakan teknologi.

Persiapan untuk akreditasi saat ini dilakukan setiap prodi secara all out untuk memenuhi capaian optimal yang terbaik. Para sivitas akademka, utamanya masyarakat Sekadau dan sekitarnya, menunggu-nunggu capaian hasil akreditasi dengan capaian yang lebih baik daripada standar yang diberikan (given) ketika izin keluar.

 Sudah tentu, capaian Akreditasi "Baik sekali" akan meningkatkan citra institusi. Selain memberikan keyakinan kepada calon mahasiswa dan pihak-pihak terkait lainnya untuk melangkah ke depan.

Dari Sekadau untuk bangsa

Moto "Dari Sekadau untuk bangsa" mencerminkan tekad ITKK untuk melibatkan, mengembangkan, dan mendukung potensi mahasiswanya. Sedemikian rupa, agar dapat memberi dampak positif pada pembangunan Sekadau dan membawa kontribusi berarti untuk kemajuan bangsa Indonesia secara keseluruhan. 

Dengan demikian, ITKK menjadi motor penggerak perubahan positif dalam pendidikan dan pembangunan di wilayah tersebut.

Memang tidak bisa dibanding-bandingkan. Tapi nanti, untuk mudahnya, orang akan bilang: ITKK adalah Harvard-nya Sekadau. Yakni Harvard yang ada di Sekadau. 

Seperti julukan Bandung adalah Paris van Java.

(Rangkaya Bada)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url