Pergantian tahun 2023 ke 2024 : Makna dan Refleksinya

 

Suasana lepas dan sambut tahun 2023 dan 2024.


SANGGAU NEWS : Momen pergantian tahun secara tradisional memang spesial bagi sebagian besar masyarakat kita, sebagai momen untuk kumpul- kumpul keluarga, handai tolan atau sahabat dan relasi.


Pada tanggal 31 Desember semua orang menyiapkan tempat nongkrong di sekitar pemukimannya. Lengkap dengan sound system untuk hiburan, disertai dengan peralatan untuk bakar-bakar. Mereka mengadakan kumpul- kumpul tetangga atau keluarga, dengan membawa barang- barang atau bekal yang bisa dinikmati bersama.

Baca Institut Teknologi Keling Kumang, Sekadau Termegah Dan Ter Ter Lainnya Di Bumi Lawang Kuwari


Begitulah yang terjadi di tempat Heronimus, di bilangan Nusa Indah Ketapang pada tanggal 31 Desember 2023. Selesai mengikuti Misa akhir tahun di Gereja, 5-6 keluarga dekatnya sepakat berkumpul bersama untuk menantikan detik- detik pergantian tahun.


Membawa bekal masing-masing


Masing- masing keluarga datang  dengan membawa bekal, ada yang bawa kue-kue sisa Natal, bawa minuman dan makanan berat, termasuk “tabas”. Pk.20.00 WIB semua sudah datang dan berkumpul.


Setelah hidangan siap, acara diawali dengan makan bersama dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan. Bagi yang datang terlambat, jangan khawatir makanan masih tersedia.


Selesai makan malam bersama, dilanjutkan dengan menikmati “barang bakaran”; ikan bakar, daging bakar dan secara khusus jagung bakar yang merupakan menu spesial akhir tahun. Sepertinya akan terasa tidak lengkap kalau perayaan pergantian tahun tidak ada jagung bakar; inilah tradisinya.


Bila pada hari- hari biasa, jagung manis hanya tersedia terbatas di beberapa kedai di seputaran kota Ketapang, tetapi ketika 1 hari menjelang pergantian tahun, stok jagung manis tersedia melimpah di pasar dan penjual jagung manis nyaris dapat dijumpai di setiap sudut kota, termasuk yang berjualan keliling.


Menunggu detik pergantian tahun


Memang asyik menunggu saat- saat pergantian tahun sambil menikmati jagung bakar atau kalau mau dapat diolesi dengan mentega, sambil menikmati musik karaoke serta suara merdu para artis dadakan serta “nabas” (menikmati minuman tradisional disertai dengan lauknya).

Baca Sanggau Dan Penduduknya Era Pengaruh Hindu-India Pra Abad XIV


Bagi ibu-ibu dan anak- anak tersedia minuman popular seperti Sprite, Coca Cola atau minuman tanpa soda seperti Soya Bean yang berasal dari kedelai atau Grass Jelly yang merupakan minuman rasa cincau. Menikmati hidangan yang tersedia, menikmati musik dan berdiskusi ringan tentang berbagai hal sambil bersenda gurau, maka masa penantian 4 jam tidak terasa lama.


Dalam diskusi ringan itu, mereka bercerita tentang apa saja yang mereka alami selama tahun 2023: apa- apa yang telah berhasil mereka capai atau raih ataupun beberapa kegagalan yang terpaksa mereka terima, misalnya dalam usaha, pendidikan anak atau masalah Kesehatan.


Seorang ayah dengan bangga menceritakan keberhasilan anak sulungnya telah lulus S2, menikah dan sekarang sudah berhasil menghadiahi nya seorang cucu yang menggemaskan, sekaligus mengubah statusnya menjadi seorang kakek, sehingga ia dipanggil “Kakek Dina”, sesuai dengan nama cucunya.


Di sudut ruangan, seorang ibu dengan gembira menceritakan bahwa anaknya berhasil lulus P3K guru setelah 2 kali gagal diterima. Ada lagi seorang gadis muda, hadir dengan tampilan murung, walaupun di kiri kanannya banyak yang ketawa cekikikan gembira. Ternyata ia baru saja ditinggal berpulang ayahnya, sehingga ia sangat khawatir dengan keberlangsungan kuliahnya. Itulah bagian dari Refleksi akhir tahun. Dengan bercerita atau “sharing”, semoga yang berhasil meraih pencapaian pada tahun ini, kebahagiaannya bertambah dan yang masih gagal, kesedihannya menjadi berkurang atau bahkan solusinya ditemukan. Itu tentang Tahun yang pergi : 2023.


Ucapan selamat


Seorang teman dari Filipina, menulis di beranda Facebooknya untuk sang kekasih,“May your pockets be heavy and your heart be light. May good luck pursue you each morning and night. May your troubles be less and your blessing be more and nothing but happiness come through your door (Irish Blessing). Have a blessed and abundant 2024."


Baca Kopi Sebagai Life Style


Seorang ibu muda yang bekerja di sebuah Credit Union di Ketapang berujar, “Selamat Tahun Baru 2024, Semoga di tahun 2024 kita diberkati Tuhan dengan Kesehatan, kelimpahan rejeki, kesuksesan, kebahagian dan umur Panjang” Itulah 2 ungkapan Resolusi sekaligus Do’a untuk tahun baru 2024."


Menjelang detik- detik pergantian tahun atau tepatnya 7 menit sebelum sirine pergantian tahun berbunyi, seorang penatua keluarga mengajak semua hadirin untuk menghentikan semua aktivitasnya sejenak, mengajak mereka untuk menyatukan hati dan pikiran di dalam doa; mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penyertaan Tuhan selama tahun 2023 serta menyerahkan pergumulan hidup yang masih dialami ke dalam tangan Tuhan serta berserah kepadaNya. Selanjutnya memohon kepada Tuhan agar Ia membimbing, menyertai dan memberkati umatNya untuk semua rencana dan impian yang ingin dicapai pada tahun 2024; kesuksesan, Kesehatan dan kebahagiaan serta lain-lain.


Disertai dan diiringi doa


Doa ditutup bersamaan dengan sirine pergantian tahun berbunyi, yang disertai letupan kembang api yang berdentuman dan sinar kembang api yang mengangkasa di seantero kota.


Hadirin dalam ruangan itu saling bersalaman mengucapkan, “Selamat Tahun Baru 2024” bahkan sambil berpelukan, sebagai ungkapan terima kasih bahwa karena anugerah Tuhan jugalah mereka dapat sampai di titik ini, titik pergantian tahun.


Selamat Tahun Baru 2024. (R.Musa Narang)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url