Sengkubak| Vetsin Alami Dayak

  

Morfologi Sengkubak, di daun penyedap rasa itu.

SANGGAU NEWS : Banyak tanaman. Juga buah-buahan berlabel "dayak". Terong dayak, bawang dayak, dua di antaranya yang mashyur. Dan masyhur yang ketiga adalah vetsin alami Dayak, yakni sengkubak.

Zaman sekarang. Orang sering ingin kembali kepada hal-hal yang alami. Atau back to nature.  Selain sehat. Juga lidah pas citarasanya. Satu di antaranya adalah bumbu alami yang di kalangan suku bangsa Dayak telah pun dikenal dan dipraktikkan sejak zaman semula jadi.

Baca Tongkat Ali Kopi Instan: Malaysia Berjaya

Sengkubak adalah salah satu vetsin alami orang Dayak. Ia tumbuh di hutan-hutan liar di Kalimantan. Rupanya atau morfologinya mirip tumbuhan akar-akaran memanjat pohon yang lain. Habitatnya di bawah naungan pohon yang teduh.

Daunnya lonjong, mirip dengan daun kakao. Di masa lalu, dan masih dipraktikkan masa kini, tiap kali memasak masakan apa pun maka daun sengkubak ini adalah campurannya sebagai bumbu alami. 

Terenak adalah daun singkong, sayur-sayur lainnya, dan juga terutama rebung. Sengkubak dapat juga menjadi bumbu dari masakan daging-daging. Daging menjadi lembut, dan aromanya sungguh-sungguh khas, tiada duanya.

Sengkubak bukan tidak mungkin suatu saat kita temukan dijual bebas di pasaran bahan olahan yang telah diracik, sedemikian rupa, menjadi bumbu yang siap digunakan. Seperti halnya vetsin atau bumbu penyedap masakan lain, Masako misalnya.

Cara menggunakan sengkubak sebagai bumbu penyedap masakan alami adalah cukup dengan menjatuhkan lembar-lembar daun itu ke dalam sayuran atau masakan yang lainnya. 

Kadang hanya dua helai atau tiga helai saja cukup membuat masakan jadi lebih gurih dan lezat.

Baca Ipuh: Getah Berbisa Mata Sumpit Dayak

Akan tetapi, tidak mudah untuk memuliabiakkan tanaman sengkubak. Ia tidak bisa ditanam dengan stek. Lagi pula tidak ada bijinya. Paling-paling satu-satunya cara adalah dengan menanam dari akarnya yang sudah tumbuh tunasnya. Tidak mudah.

Sedemikian rupa, sehingga di kampungku kecamatan Jangkang, kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat harga sengkubak  per bibit dalam polybag a rp 35.000.

Bukan tidak mungkin suatu saat kita temukan dijual bebas di pasaran adalah sengkubak yang telah diracik sedemikian rupa menjadi bumbu yang siap digunakan. Seperti halnya vetsin atau bumbu penyedap masakan lain, Masako misalnya.

Baca Durian Kampung Gunung Benuah: Rasa Alami, Kenikmatan Sejati

Nama Sengkubak berbagai bahasa
Orang-orang memberikan nama tanaman memanjat ini adalah vetsin Dayak. 

Akan tetapi, di kalangan suku-bangsa Dayak pun nama tanaman-bumbu penyedap alami ini berbagai. Misalnya:

  • Jangkang (Bidayuh, Mualang): engkubak
  • Ma’anyan: rungkai
  • Simpang: sengkubak
  • Bahau Busang (Kaltim) : itun meke
  • Kanayatn: sansakng
  • Dayak Ot Danum, Kalteng/Kalbar: sokai
  • Dayak Kapuas/Kahayan, Kalteng: sungkai
  • Dayak Kantu': sengkubai
  • Latin: Pycharrhena cauliflora (miers). Adalah tanaman termasuk dalam keluarga manispermaceae.

Apa pun namanya. Bumbu penyedap alami ini, hanya milik orang Dayak. (Rangkaya Bada)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url