Invictus Award Gerakan CU Keling Kumang

Sumber gambar: ://lensakalbar.co.id/2023/03/11/invictus-award-ke-13


SANGGAU NEWS : Invictus, meski punya makna sebagai sepatah kata tunggal yang secara harfiah berarti: kukuh, teguh, kebal, tahan, betah (Prent, Adisubrata, dan Poerwadrminta, Kamus Latin – Indonesia, 1969: 463) dalam konteks Gerakan CU Keling Kumang
(GCUKK) adalah sebuah akronim yang bernas, meski ada keterangannya dalam kalimat. 

GCUKK core value (nilai inti)-nya adalah  Invictus. Akronim dari: Integrity, Network, Value Creation, Innovation, Credibility, Togetherness, Unity, dan Speed. 

Tampak dalam gambar momentum langka. Saat penyerahan Invictus Award ke-13 di Indoo Apang, Semangai, Sintang pada 11 Maret 2023. Tampak Ketua Pengurus CUKeling Kumang, Dr. Stefanus Masiun berjabat tangan dengan Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Invictus Award 

Menurut Valentinus Narung, CEO Credit Union Keling Kumang, Invictus Award pertama kali diadakan pada tahun 2010. 

Valen menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan Invictus Award adalah memberikan dorongan dan semangat kepada para aktivis. 

Melalui penghargaan ini, mereka diharapkan dapat terinspirasi dan terus berkomitmen dalam menjalankan peran mereka dalam berbagai kegiatan atau usaha yang memiliki dampak positif pada masyarakat atau lingkungan sekitarnya.

Valentinus Narung, CEO CU Keling Kumang.

Valentinus, atau yang populer sebagai Valentinus Narung, lahir di Sepauk, sebuah desa wilayah kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, pada 1 Februari 1986. Sebagai warga suku Dayak Desa, salah satu rumpun Ibanik, ia dididik dalam tradisi adat budaya yang kental. 

Nilai-nilai seperti kerja keras, kekerabatan, kekeluargaan, tepa selira, serta belarasa ditanamkan sejak kecil, menjadi spiritnya di dalam bekerja, dan kemudian menjadi Chief Executive Officer (CEO) Credit Union (CU) Keling Kumang.

Bukan sekadar penghargaan

Menurut penjelasan Valentinus, Invictus Award bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga merupakan sebuah platform yang membangun fondasi kuat bagi pengakuan terhadap dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dari para aktivis. 

Penghargaan ini menjadi tonggak penting dalam menciptakan atmosfer positif di sekitar lingkungan kerja dan masyarakat secara luas.

Dengan memberikan penghargaan kepada para aktivis, Invictus Award merangsang, sekaligus menjaga semangat mereka untuk terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar. 

Baca Robby Tulus: Dari Spin Off Ke Spin Out

Pengakuan penghargaan ini tidak hanya menghargai pencapaian individu, tetapi juga menggambarkan penghargaan terhadap upaya kolektif dalam menciptakan perubahan positif.

Invictus Award sebagai inspirasi

Selain itu, Invictus Award berfungsi sebagai inspirasi bagi generasi berikutnya yang mungkin termotivasi oleh cerita keberhasilan para penerima penghargaan. 

Penganugerahan penghargaan tidak hanya menciptakan contoh teladan, tetapi juga memperkuat komitmen terhadap nilai-nilai seperti integritas, keberanian, dan ketekunan.

Dengan adanya Invictus Award, terbentuklah sebuah komunitas yang tak hanya sekadar penghargaan, tetapi juga menjadi pilar penting dalam upaya memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

Para aktivis yang dinobatkan sebagai penerima Invictus Award tidak hanya menerima pengakuan atas dedikasi mereka. Lebih dari itu, diundang untuk menjadi bagian dari  komunitas yang berdedikasi untuk menciptakan perubahan yang berarti. (Bersambung)

(Rangkaya Bada)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url