Menembus Cakrawala Pengetahuan: Inspirasi Kuliah Interaktif Bersama Dr. Kristianus dan Dosen Tamu, Masri Sareb Putra, M.A.


Pada Sabtu, 29 Juli 2023. Suasana perkuliahan daring Sekolah Tinggi Agama Katolik (STAK) Negeri, Pontianak, cukup berbeda. Terasa bersemangat sejak pukul 10.00 hingga 13.00. 

Dr. Kristianus, seorang akademisi yang penuh semangat, memberikan kuliah topik yang menarik tentang "Artikel Ilmah" atau Academic Writing secara daring. 

Peserta kuliah adalah mahasiswa S-2 yang sedang menyelesaikan tesis mereka, dan mereka sangat antusias untuk memperoleh pengetahuan baru dari sesi ini.

Membuka kuliah dengan penuh semangat, Dr. Kristianus memberikan pengantar yang menarik dan memikat perhatian. Tidak hanya itu. Ia juga memiliki kejutan menarik dengan mengundang seorang dosen tamu yang luar biasa, yaitu Masri Sareb Putra, M.A. 

Masri bukanlah sosok yang asing bagi para hadirin, ia merupakan seorang akademisi, sastrawan, dan penulis ternama yang telah menghasilkan lebih dari 4.000 artikel dan 140 buku ber-ISBN. Beberapa buku karyanya, memenangkan sayembara.

Kehadiran Masri menjadi hal yang ditunggu-tunggu, terlebih karena ia akan memaparkan mengenai 3 jenis artikel yang menarik, yaitu artikel populer, artikel ilmiah populer, dan artikel ilmiah/akademik. 

Setiap jenis artikel ini ternyata memiliki ciri khasnya sendiri, tetapi tetap dapat menarik minat khalayaknya, tergantung pada target pembaca yang dituju.

Masri mulai dari definisi leksikal "artikel". Mengambil dari Kamus Latin Indonesia susunan Prent, dkk., kata Masri, "Per definisi artikel, dari kata Latin "articulus" berarti: bagian/ pasal dari suatu esai atau tulisan yang panjang".

Karena itu artikel tidak panjang. Artikel ilmiah antara 8-10 halaman kuarto, ketikan 1,5 spasi, atau setara dengan 3.000 - 5.000 kata. Menyalahi konsep ini, bukan artikel. Artikel ilmiah juga ada strukturnya. Berbeda dengan artikel lainnya.

Dengan penuh pengalaman dan pengetahuan, Masri dengan cerdas menjelaskan secara rinci perbedaan mendasar antara artikel ilmiah/akademik dengan jenis artikel lainnya. Ia memberikan contoh-contoh yang relevan untuk memperjelas setiap jenis artikel dan menyampaikan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menulis artikel ilmiah/akademik.

Kehadiran Masri menjadi hal yang ditunggu-tunggu, terlebih karena ia akan memaparkan mengenai 3 jenis artikel yang menarik, yaitu artikel populer, artikel ilmiah populer, dan artikel ilmiah/akademik.

Namun, keunikan dari kuliah ini terletak pada interaksi yang sangat hidup dan interaktif. Setelah penjelasan dari Masri selesai, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi. Dr. Kristianus dengan bijaksana memberi kesempatan kepada Masri untuk memberikan ulasan, masukan, serta solusi sebagai tindak lanjut dari presentasi mahasiswa tersebut.

Dalam suasana yang begitu akrab, terungkaplah bahwa Dr. Kristianus dan Masri adalah sahabat dekat. Kedekatan ini memungkinkan Dr. Kristianus untuk dengan mudah meminta bantuan dan akses kepada dosen tamu yang ahli dan sesuai kompetensi untuk mendukung topik kuliahnya.

Sejak kuliah dimulai hingga berakhir, semua peserta merasakan bahwa suasana kuliah kali ini berbeda dan lebih hidup dari sebelumnya. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis dari presentasi, tetapi juga mendapat pandangan praktis dari pengalaman nyata Masri sebagai seorang penulis dan akademisi sukses.

Kuliah tentang "Artikel Ilmah" ini berhasil menciptakan pengalaman yang menarik dan berkesan bagi para mahasiswa. Mereka merasa terinspirasi dan termotivasi untuk mengasah kemampuan menulis akademik mereka. Semangat dalam mengejar ilmu pengetahuan dan memperdalam wawasan akademik terpancar dari mata setiap mahasiswa yang hadir. *)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url