Keuskupan Sanggau: Awalnya Stasi Tahun 1925

Tahun 1979. Jadi 44 tahun yang silam. Pusat Penelitian Atma Jaya di bawah komando ilmuwan dan cendekiawan Huub Boelaars OFM Cap meneliti. Kemudian mempublikasikan sejumlah paroki di lingkungan Keuskupan Agung Pontianak.

Salah satunya adalah Paroki Sanggau Kapuas (nama waktu itu). Sebuah paroki yang didirikan oleh para paderi OFMCap (Kapusin) pada yang misionarisnya pertama menginjakkan bumi Borneo pada tahun 1905.
Baca Keuskupan Sanggau Pemekaran Dari Keuskupan Agung Pontianak

Paroki ini jauh sekali waktu itu. Melalui sungai dahulu kalau para misionaris mencapainya, dengan kapal perahu motor atau tongkang yang ditempuh bermalam malam di perjalanan. Jaraknya dari Pontianak 267 kilometer. Jumlah penduduk paroki Sanggau (tidak sama sebangun dengan  kabupaten Sanggau) adalah 35.776 jiwa (halaman 3). 
Bukan gereja yang pertama dibangun di Sanggau oleh Misi melainkan sebuah pastoran yang dibangun 19 Mei 1927. Namun, stasi / paroki Sanggau dianggap telah eksis tahun 1925.
Menurut hasil penelitian itu, awal mula paroki Sanggau Kapuas dari Sejiram. Tahun 1909 pastor Gonzalvus yang bekerja di Sejiram tinggal dan menetap di Sanggau selama sebulan. Tiba pemuda Dayak dari kampung Lintang, Tolli namanya, ikut pastor Gonzalvus ke Sejiram. Bersama banyak pemuda Dayak, Tolli belajar agama Katolik dan dibaptis sebagai orang serani.
Baca Pastoran Sanggau 1930

Mgr. Pacifikus Bos dan pater Eugenius datang ke Sanggau untuk mencari tanah dalam upaya pembangunan gereja dan pastoran. Maka pada 21 Januari 1925 stasi Sanggau didirikan secara resmi. Adapun pastor paroki pertamanya adalah: P. Cassianus. 

Oleh karena belum ada pastoran, sementara waktu pastor tinggal di rumah seorang Tionghoa bernama Mong Seng. Paroki Sanggau dianggap telah ada dan berdiri pada tahun 1925, dengan wilayah yang amat sangat luas.
Baca Mgr. Dr. Valentinus Saeng, CP: Uskup Sanggau Asal Sekadau

Bukan gereja yang pertama dibangun di Sanggau oleh Misi melainkan sebuah pastoran yang dibangun 19 Mei 1927. Baru kemudian dibangun gereja pertama di Sanggau yang digunakan pada 8 Juli 1928. *)
Baca juga narasi terkait ini Sejarah Sanggau

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url