Daranante, Wangsa Majapahit dari Labae Lawae (Sukadana)

Sejarah telah mencatat (Lontaan, 1975) bahwa pendiri kerajaan Sanggau adalah Daranante yang ditengarai berasal dari Labai Lawai (Sukadana) dari wangsa Majapahit. Sedangkan suaminya adalah Bagai Cinga, seorang penduduk asli setempat dari Tampun Juah yang dipastikan adalah orang Dayak.

Daranante ke wilayah Sanggau dari Sukadana mencari suaminya, Babai Cinga yang sedang berada di hulu sungai Entabai, yakni Tampun Juah. 

Balairung era kerajaan Sanggau. Pernah jadi asrama TNI. Sumber gambar: Lontaan, 1975.

Pada awal mula, pusat kerajaan dibangun di hulu muara Sungai Sekayam dan bermuara di Sungai Kapuas. Oleh Dayang Mas, anak Dara Nante yang bersuamikan Nurul Kamal keturunan Kiyai Kerang dari Banten, pusat Sungai ke Mengkiang.(Baru pada zaman Sultan Muhammad Jamaluddin pusat pemerintahan dipindahkan ke Sanggau).
Baca Sejarah Sanggau

Hampir serupa dengan kerajaan-kerajaan di Varuna-dvipa (Kalimantan) terutama bagian barat pada umumnya seperti Kerajaan Landak, pendirinya adalah wangsa dari keturunan Majapahit dari Jawa. Sayang sekali kita tidak memiliki dokumen fotonya. Hanya sekilas dicatat dalam dokumen dan selintas dicatat dalam sejarah.

Di era Dayang Mas inilah disebut-sebut Kerajaan Sintang menjalin hubungan baik dengan Kerajaan Sanggau yang baru didirikan. Berbagai teks menyebut tahun sekitar abad 13. Daranante dan rombongan ditengarai merapat di daerah yang kita kenal dekat dengan mura sungai Sekayam, tidak jauh dari masjid Jami, ini tahun 1310. Ini pun masih perlu “maknai/tafsirkan” apakah persis tahun ini, ataukah angka simbolik?

Akan halnya nama “Sanggau” terdapat berbagai etiologi atau asal usul. Ada yang mengatakanya sebagai nama sekelompok komunitas/penduduk yang bermukim di sepanjang tempat singgahnya rombongan Daranante. Kita sulit menerima asumsi ini. 
Baca Sangao Itu Adalah Maritam

Jika demikian, mengapa tidak ada, dan tidak pernah dikisahkan dari mulut ke teling mengenai keberadaan komunitas ini? Kita lebih condong bersetuju kepada pendapat Lontaan, 1975 yang menyebut bahwa Sanggau adalah sejenis pohon. *)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url