Warga Sekadau akan Bangga pada Institut Teknologi Keling Kumang

Kampus baru Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK)dan sepasang patung Keling dan Kumang yang akan dipasang di depan kampus.

SANGGAU NEWS : Kota kecil Sekadau, Kalimantan Barat, suatu waktu menjadi seperti Ithaca. 

Saat ini, ketika orang-orang Ithaca, New York, ditanya tentang aset terbesar kota mereka. Warga Ithaca dengan bangga menyebutkan yang membuat bangga mereka adalah, "Cornel University." 

Demikian halnya nanti warga penduduk Sekadau. Suatu waktu. Kelak di kemudian hari. Jika ditanya: apa yang menjadi kebanggan orang Sekadau? Maka jawabnya: Institut Teknologi Keling Kumang!

Mimpi warga Sekadau yang menjadi nyata

Di wilyah timur Kalimantam Barat, Sekadau menjadi pusat perhatian. Yaitu dengan hadirnya sebuah lembaga pendidikan yang tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi menjadi simbol ambisi dan impian. 

Baca Komisi II DPR RI Kunker ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan (BPN) Provinsi Kalsel : Cornelis Berperan Aktif

Institut Teknologi Keling Kumang, atau yang lebih dikenal sebagai ITKK, muncul sebagai penjelmaan dari impian masyarakat Sekadau untuk mengubah masa depan mereka.

Seiring waktu, visi masyarakat dan pemimpin Bumi Lawang Kuwari menjadi nyata. ITKK menjadi pusat pendidikan unggulan yang menarik mahasiswa dari seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. 

Dari pelosok pulau Borneo hingga ke kepulauan terluar, mahasiswa berkumpul di kampus yang awalnya hanya merupakan impian. Mereka membawa bersama harapan, semangat, dan keinginan untuk belajar serta berkembang.

Generasi awal mahasiswa ITKK menjadi saksi hidup atas perjalanan panjang perguruan tinggi ini satu-satunya di bumi Lawanng Kuwari. Bukan hanya mencatat sejarah aktivis Gerakan Credit Union Keling Kumang (GCUKK) juga seluruh warga Sekadau merasa bangga telah berkontribusi dalam membentuk institusi yang sekarang menjadi kebanggaan tidak hanya bagi Sekadau, tetapi juga bagi Indonesia. 

Setiap langkah yang mereka ambil, setiap pelajaran yang mereka terima, membawa cita-cita dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah.

The power of dream

Mimpi kini jadi kenyataan. ITKK, semula, bermula dari usulan dan keperluan anggota CU Keling Kumang. Dalam rancangan program 1 keluarga 1 sarjana, maka anggota mengusulkan adanya perguruan tinggi yang terjangkau, namun bermutu, di Sekadau. Baik terjangkau dari segi letak maupun dari sisi pembiayaan pendidikan.

Baca Indonesia Kuasai Pasar Minyak Sawit Dunia

Tidak perlu nanti. Kini pun warga Bumi Lawang Kuwari telah bangga menyebutkan ITKK, sebuah universitas yang tidak hanya mengubah wajah kota mereka, tetapi juga memperkuat tekad mereka untuk mewujudkan impian. 

Gedung baru rektorat ITKK, tampak secara keseluruhan dari sgak samping muka arah jalan ke Sintang.

Apalagi eksistensi ITKK, otomatis menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sekadau. Oleh sebab itu, Bupati Sekadau belum lama ini mengusulkan ketika Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Sekadau, agar sekalian meresmikan gedung baru (rektorat) ITKK. 

Hanya saja, karena persiapanya pendek, sehingga peresmian gedung baru ITKK ini baru akan dilaksanakan pada 5 - 6 Agustus 2024.

Di balik pendirian dan kehadiran ITKK, terbesit  rasa bangga dari generasi yang pernah berjalan di lorong-lorong kampus tersebut. 

ITKK niscaya membawa sukacita. Sekaligus semangat "The power of dream!" kepada generasi-generasi yang akan datang.

Penulis: Liu Ban Fo
Editor: Rangkaya Bada

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url