Ricky El, Bujang Lelayang, yang Melintas Batas hingga Sintang dan Sekadau

 

Ricky El si Bujang Lelayang.

SANGGAU NEWS : Taja dah apai urakng/agi bisi peluang/ anang macham-macham/ agi' ensem...

Syair lagu "Bujang Lelayang" itu amat populer. Gubahan, sekaligus dinyanyikan biduan spesialis Iban, enggau diberi nama Ricky El.

Terima meh lagu enggau diberi nama...

Hal yang khas darinya. Mengawali nyanyi, selalu menyapa hadirin dan berkata dalam basa Iban: Terima meh lagu enggau diberi nama: ......... (Terimalah lagu yang berjudul....)

Baca Gedung Kampus Utama Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Dan Harvard University

Di Indonesia, terkhusus Sintang, Sekadau, dan Putussibau. Nama Ricky melegenda. Tak heran. Saban tahun ada gawai (pesta tahun baru Dayak), ia senantiasa diumbai --diundang datang. Hanya untuk memuaskan khalayak penyuka lagu-lagu. Istimewanya rentak irama Iban.

Iban populasi terbanyak suku bangsa Dayak

Tak syak, Iban populasi terbanyak suku bangsa Dayak. Menurut hasil penelitian saya, jumlahnya 700.000 di  Malaysia dan Brunei. Dan 400.000 di Indonesia. 

Suku bangsa Iban menyebar di "menoa diri empu" (Negeri dianggap asal usul Iban), yakni wilayah Kabupaten Sekadau, Sintang, Hingga Kapuas Hulu. Sampai Batang Lupar, Lubuk Antu --hingga melintas batas Malaysia, Simanggang -- Sri Aman kini.

Maka kini. Manakala Anda naik travel. Atau bus antar-kota Pontianak-Sintang-Putussibau. Lagu-lagu Iban, tidak pernah lekang diputar. Mengguncang, ketika sedang berjalan di atas jalan beraspal yang sebenarnya mulus.

Ricky El populer di menoa diri empu. Kerap diundang CU Keling Kumang, saudara seasalnya untuk mempertunjukkan kebolehannya mendendangkan lagu-lagu Iban. Ia juga diundang waktu kampanye Pilkada di Sintang. Magnetnya sungguh luar biasa.

Ekonomi kreatif yang disebut-sebut sebagai primadona abad digital, bukan sebatas wacana, melainkan juga sudah nyata. Ricky El, artis Iban membuktikannya. Ia bukan hanya pandai melantunkan lagu-lagu Iban, tapi juga cakap menciptakannya.

Menuansakan Dayak

Hal yang menarik. Baik lagu maupun syair lagu Ricky menuansakan Dayak. Mulai dari kehidupan tradisional Dayak, hingga gaya hidup modern. Semua itu tercermin dalam syair-syair lagu yang diciptakan dan dilantunkannya.

Baca Cornelis: "Jas Merah"

Ricky kerap duet besama pesohor penyanyi wanita Iban, Sima. Album “Bujang Runggu Ensing” diproduksi 2009 oleh Cahaya Manis Production. 

Cerita Ngayap bersama  Sylvester Andy

Pun pula si Bujang Lelang duet bersama penyanyi pria Iban, Sylvester Andy. Keduanya mendendangkan lagu populer dan jenaka “Ngayap” dan “Cerita Ngayap”. Narasi lagu bukan hanya sarat makna dan menggambarkan kehidupan sehari-hari orang Iban, melainkan juga indah sebagai puisi karena membentuk permainan bunyi.

Kadang Ricky juga tampil menyanyi solo, seperti pada lagu favorit “Bujang Lelayang”, “Ngeruh Ai”, “A Sampai Z”, “Ukai Langkau Arau”, dan “Poco Ari Gawai “. 

Namun, dari sekian banyak lagunya, “Ucu Aki” patut mendapat perhatian. Syairnya dalam. Melukiskan betapa Gawai (di Malaysia setiap 30 Mei – 1 Juni) merupakan hari penting bagi suku bangsa Dayak. Bukan hanya untuk bersyukur selepas panen padi, melainkan juga bertemu melepas rindu, dan makan bersama di rumah panjang.
Ari gawai tu peluang kitai
Ngundang kaban diau di rumah panjai
Enti enda pia kitai jarang amai begulai
Baka burung ngiga pemakai
Ari gawai tu amat besai guna
Ngedut kaul bala kitai semua
Ngambi ke sama nemu menua asal diri empu
Maya gawai tu kitai betemu
Ari gawai tu peluang kitai
Ngundang kaban diau dirumah panjai
Enti enda pia kitai jarang amai begulai
Baka burung ngiga pemakai
Ari gawai tu amat besai guna
Ngedut kaul bala kitai semua
Ngambi ke sama nemu menua asal diri empu
Maya gawai tu kitai betemu

Agaknya, selain Ngayap, Bujang Lelayang menjadi ikon Ricky. Pita suaranya khas. Ia mampu menyihir siapa saja dengan lagu kreatif dan indah itu.

Simak 0:04 / 4:26 Ricky EL-Bujang Lelayang (Official Music Video)
Pesohor Iban hingga Sekadau dan Sintang ini, disukai selain suaranya yang khas, juga syair lagu serta gayanya yang khas.

"Bujang Lelayang" paling populer. Banyak disukai. Kerap dipilih untuk karoke.

Di kalangan Ibanik Indonesia, utamanya di wilayah Kabupaten Sintang, Ricky pun

Di kalangan Ibanik Indonesia, utamanya di wilayah Kabupaten Sintang, Ricky pun populer. Ia kerap diundang CU Keling Kumang, saudara seasalnya untuk mempertunjukkan kebolehannya mendendangkan lagu-lagu Iban. Ia juga diundang waktu kampanye Pilkada di Sintang. Magnetnya sungguh luar biasa.

Baca KOES PLUS : Gambar Sampul Depan Kasetnya Di Anjungan KalimantanTaman Mini Indonesia Indah

Tak pelak. Ricky El artis Iban yang hidup dari seni musik yang menggarap dan menggali khasanah kekayaan sukunya. 

Pemilik pita suara emas ini melintas batas dan laku sebagai komoditas. Lagu ciptaan dan dendangannya banyak diputar baik di kendaraan umum maupun travel di Kalbar, dan di tempat-tempat publik. 

(Masri Sareb Putra)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url