Wisata Rohani di Gua Maria Talogah

OMK Se-Paroki Noyan wisata rohani ke Gua Maria Ratu Pecinta Damai (MRPD ) Talogah.

Bagi penganut Katolik, Oktober adalah "Bulan Rosario". Maka selama sebulan ini, didevosikan kepada Bunda Sang Penebus, ibu dan pelindung segala bangsa untuk meneladan hidup fisik dan rohaninya. 

Oleh sebab itu, penutupan bulan menjadi momentum yang penting.

Minggu, 29 Oktober 2023 Orang Muda Katolik (OMK) Se-Paroki Noyan berkunjung ke Gua Maria Ratu Pecinta Damai (MRPD ) Talogah. Kunjungan ini sekaligus penutupan bulan Rosario tahun 2023.

Perjalanan menuju Gua MRPD kurang lebih 2 jam dari Kecamatan Noyan, yaitu melewati Kecamatan Sekayam, Beduai, dan Kembayan. Perjalanan menuju Gua MRPD sebenarnya ditempuh dengan waktu satu jam saja jika menggunakan kendaraan roda 2, yang melewati Kecamatan Noyan sendiri, namun karena jalan yang rusak dan tidak cukup baik dilewati oleh mobil, maka rombongan memutuskan berkeliling.

Misa dimulai pada pukul 10.00 WIB yang di pimpin oleh RD. Suprianus Nong yang juga sebagai Pastor Moderator OMK Paroki Noyan. Pada Misa penutupan bulan Rosario ini, selain para OMK Se-Paroki Noyan,  Gua MRPD dikunjungi oleh umat dari berbagai stasi di Paroki lain.

Gua Maria ini, tidak hanya sebagai tempat ziarah umat Katolik, namun juga sebagai tempat wisata alam, yaitu air terjun yang cukup terkenal di daerah kabupaten Sanggau. Biasanya setiap selesai Misa di gua Maria, umat akan mengunjungi air terjun dan mandi di aliran-aliran air, ada juga yang sambil makan bersama teman dan keluarga serta memanggang makanan mereka.

Nuansa alam objek wisata rohani Gua Maria Talogah.

Cuaca yang sejuk dan pohon yang benar-benar rindang membuat daerah air terjun ini dinikmati oleh umat atau pun masyarakat lain yang tidak beragama Katolik. Biasanya masyarakat non-Katolik langsung mengunjungi air terjun atau mandi menikmati sejuknya air atau makan-makan di sana.

Untuk mampir ke Gua Maria MRPD ini, ada dua cara, yaitu dari kecamatan Kembayan atau pun dari Kecamatan Noyan. Namun, untuk akses jalan dari Kecamatan Kembayan jalannya sedikit lebih aman dilewati dari pada langsung dari Kecamatan Noyan. Disebabkan jalan yang rusak.

Berkunjungi ke Gua Maria atau pun ke Riam Talogah lebih direkomendasi saat bulan Mei dan Oktober setiap tahun, bersamaan dengan Bulan Maria dan Rosario. (Tina Lie).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url