Terong Dayak


Terong asam.

Ada yang mengatakannya "terong Dayak". Latinnya: Solanum ferox. Tanaman buah dengan daun lebar untuk bahan sayur yang bisa mengobati berbagai penyakit ini masih dalam famili Solanaceae. 

Orang Sanggau jangan ditanya. Mereka pasti mafhum jika dijadikan sayur, terong asam mak nyuzz banget. "Lupa mertua lewat", begitu peribahasa menggambarkan jika suatu makanan lezat bingits.

Restoran "Tenda Biru" Sekadau jika sedang musim senantiasa menyajikan menu terong asam.

Begitulah terong asam ini. Masak dicampur dengan apa saja, enak. Campur ikan, daging ayam kampung, rusa, kijang, rupung (ular), atau landak. Jika tidak ada binatang hutan itu, maka di Sanggau dan sekitarnya biasanya terong asam dimasak campur ikan.

Ikan apa saja pas dan pastinya enak dimasak campur terong asam. Bisa ikan seluang, gabus, toman, kalui (gurame), nila, lele (sungai yang rintik-rintik). Lebih mak nyuzz lagi jika terong asam dimasak campur ikan lais, baong, dan tapah.

Aduhai nikmatnya terong asam campur ikan! Rasanya bukan hanya sampai di lidah dan leher. Tapi juga meresap hingga ke ubun-ubun!

Kini terong asam menjadi menu andalan restoran di Sanggau, Sekadau, Sintang, Ngabang, dan Pontianak. 
Baca Madu Lebah Asli Dari Parai, Jangkang

Restoran "Tenda Biru" Sekadau jika sedang musim senantiasa menyajikan menu terong asam. Pengunjung (pemakan) boleh milih masak terong asam campur apa? Biasanya campur ikan. Tapi ada juga selera berbeda, terong asam dimasak campur udang galah. Ini pun tak kalah nikmatnya!

Dalam ilustrasi ini, terong asam dicampur dengan Ikan lais.*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url