Lasarus akan Bertarung Merebut Kursi KB-1


Lasarus siap maju merebut kursi KB-1. Sumber gambar: https://www.gesuri.id/


SANGGAU NEWS : Lasarus, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia (DPD PDIP) Kalimantan Barat menyatakan kesungguhannya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Kalbar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Hal itu dibuktikan Lasarus dengan pengambilan formulir pendaftaran pada hari terakhir pendaftaran yang diadakan oleh Partai Demokrat. 

Ketua Komisi V DPR-RI menegaskan bahwa ia tidak akan menggunakan politik uang. Juga tidak mempraktikkan taktik yang merugikan demokrasi untuk memenangkan Pilkada Kalbar. 

Komitmen itu disampaikannya dalam sebuah keterangan pers pada Kamis, 28 Maret 2024.

Modal relasi, politik, dan pengalaman

Lasarus, juga Ketua Komisi V DPR RI, optimis bahwa kepemimpinannya jika dipercayakan rakyat akan lebih baik dari petahana, dengan merujuk pada pengalaman luasnya sebagai pimpinan komisi di V DPR dan relasinya di pemerintah pusat. 

Lasarus yakin bahwa dengan modal tersebut, Kalbar tidak hanya akan bergantung pada APBD, tetapi juga akan dapat mempercepat pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lasarus telah melengkapi persyaratan pendaftaran. Termasuk persiapan calon wakilnya sendiri, yang akan mewakili keberagaman masyarakat Kalbar. 

Dengan komitmen untuk menjalankan kontestasi secara bersih dan tidak menggunakan politik uang, Lasarus berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi Kalimantan Barat jika terpilih sebagai Gubernur.

Banyak pihak berpendapat bahwa jika Lasarus maju head to head melawan incumbent Gubernur Kalbar saat ini, Sutarmidji, maka kansnya cukup berpeluang. 

Namun, catatan penting adalah bahwa calon dari Dayak hanya tunggal, yang memungkinkan memengaruhi dinamika politik di daerah Kalimantan Barat.

Jika masyarakat menghendaki

Selama ini, Lasarus masih menimbang-nimbang untuk maju merebut kursi KB-1. 

"Jika masyarakat menghendaki," itu selalu yang menjadi jargonnya. "Saya siap maju mengemban amanah." 

Dengan demikian, Lasarus menunjukkan kesiapannya untuk bertindak sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat Kalimantan Barat.

Sebagai informasi, Pada Pleg 2024, Lasarus kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI Dapil 2 Kalbar. Ia juga menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR-RI yang dikenal sebagai "basah". 

Pertanyaan pun muncul: apakah Pak Las, sapaan lelaki Iban dengan alis tebal itu, bersedia meninggalkan semua fasilitas, jabatan, dan kemudahan saat ini untuk memfokuskan diri pada pencalonan sebagai Gubernur Kalbar? 

Itulah sejumlah pertanyaan apakah Lasarus bersedia meninggalkan posisi pentingnya di DPR demi mengejar kursi Gubernur Kalbar.

Pada Pemilihan Legistatif 2024, Lasarus kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI Dapil 2 Kalbar. Meski raihan suaranya menurun dibanding periode sebelumnya, Lasarus tetap duduk. Ia juga menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR-RI yang dikenal sebagai "basah". 

Menyisakan pertanyaan

Pertanyaan pun muncul: apakah Lasarus bersedia meninggalkan semua  posisi strategis lamanya untuk memfokuskan diri pada pencalonan sebagai Gubernur Kalbar? 

Pencalonan Lasarus bertarung merebut kursi KB-1 menimbulkan pertanyaan apakah Lasarus bersedia meninggalkan posisi pentingnya di DPR demi mengejar kursi Gubernur Kalbar.
- Rangkaya Bada

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url