Bologna Book Fair 4 : Dua di antara Ribuan Penerbit Dunia

Bologna Fiere Exhibition Centre dan penampakan di luar arena.

Sore itu juga, pada 11 April 1997. Dari Hotel Jolly, saya dan Bimo naik taksi menuju arena pameran buku. Betapa lega. Sekaligus bangga rasanya. Sebab kami berdua, hanya kami berdua saja, yang mewakili penerbit di lingkungan PT Gramedia dan juga Indonesia.

Jadi, saya dan Bimo di sana adalah dua di antara ribuan penerbit dunia yang turut larut dalam arena pameran buku anak internasional. 

Selain tukar informasi dan literasi, juga ajang saling jual-beli hak cipta atau copy rights naskah buku. Hal yang nanti akan dikisahkan pada narasi berikutnya. 

La Fiera del Libro per Ragazzi

Bologna Book Fair, atau La Fiera del Libro per Ragazzi, memiliki arena pameran yang mengesankan di Bologna, Italia. Kelas internasional-lah. Membandingkannya dengan pameran buku IKAPI di negeri Pancasila, gak nyambung sama sekali.

Arena ini adalah pusat kegiatan utama selama pameran buku anak-anak terbesar dan tertua di dunia. Berikut adalah beberapa informasi terkait dengan arena Bologna Book Fair:

Arena pameran Bologna Book Fair terletak di Bologna Fiere Exhibition Centre. Tempat ini mudah diakses dan sering menjadi pusat kegiatan pameran besar di kota tersebut.

Mengamati dengan saksama jika saja ada buku yang berpotensi diterbitkan di Indonesia.

Arena ini terdiri dari sejumlah ruangan besar yang diisi dengan stan-stan pameran dari penerbit, penulis, dan ilustrator buku anak-anak dari seluruh dunia.

Setiap stan dirancang dengan kreatifitas tinggi dan menampilkan koleksi buku terbaru, ilustrasi menarik, dan materi pemasaran yang mengundang perhatian.

Acara dan Pertunjukan

Arena Bologna Book Fair menjadi panggung untuk berbagai acara, presentasi buku, dan pertemuan antara profesional industri penerbitan.

Penulis terkenal, ilustrator, dan ahli industri sering memimpin sesi diskusi, seminar, dan wawancara di dalam arena, memberikan wawasan mendalam tentang dunia buku anak-anak.

Bologna Book Fair menyajikan pameran internasional dengan kehadiran penerbit dan profesional penerbitan dari berbagai negara.

Peserta dapat menjelajahi tren terkini dalam penerbitan anak-anak, berkolaborasi, dan menjalin hubungan bisnis internasional.

Seiring dengan perkembangan teknologi, arena Bologna Book Fair juga menyediakan platform digital untuk mengakses informasi pameran, menjadikannya lebih inklusif dan dapat diakses secara global.

Untuk tahun 1997, digitalisasi di Bologna Book Fair sudah termasuk maju. 

Pusat Kreativitas

Arena Bologna Book Fair bukan hanya tempat untuk bertransaksi bisnis, tetapi juga menjadi pusat kreativitas. Ide-ide baru dan proyek kolaboratif sering bermunculan di sini.

Dengan suasana yang dinamis dan penuh inspirasi, arena Bologna Book Fair menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran ide, inovasi, dan kemajuan dalam dunia penerbitan anak-anak.

Wawasan dan pergaulan internasional turut berpartisipasi dalam Arena Bologna Book Fair '97, sungguh berharga.

Selain mencelikkan mata. Juga membangun jaringan, menambah relasi, serta mengasah naluri dan kemampuan di bidang literasi yang bergerak tanpa henti mengikuti perubahan zaman.

  • Masri Sareb Putra

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url