Pembukaan Jalan Darat Pontianak - Kapuas Hulu Zaman Kolonial dan Legenda Tumbal Kepala

Ruas jalan darat Pontianak - Kapuas Hulu yang sarat legenda dan mitos.

Ruas jalan darat Pontianak-Sanggau-Sintang-Kapuas Hulu, yang merupakan bagian dari jalan lintas utara di Kalimantan Barat, memiliki sejarah panjang yang bermula pada zaman kolonial Hindia Belanda. 

Sebelum jalan ini dibuka, wilayah Kalimantan Barat pada masa itu umumnya sulit diakses. Hal itu karena Kalimantan masih merupakan hutan yang lebat yang disusur oleh sungai-sungai besar yang menghalangi jalur darat. 

Pembukaan jalan ini menjadi proyek besar yang dilakukan oleh pemerintah kolonial untuk memfasilitasi akses dan transportasi di daerah tersebut.

Tentang tumbal dan kerja rodi pembuatan jalan dan jembatan ruas jalan Pontianak - Kapuas Hulu, ada beberapa laporan dan cerita seru dan seram. Yang mengisahkan tentang praktik-praktik yang berdarah-darah atau keras selama proses pembangunan jalan pada masa itu. 

Namun, penting untuk diingat bahwa kisah-kisah ini sering kali bersifat legenda atau cerita rakyat yang mungkin telah melewati banyak lapisan cerita dan interpretasi seiring berjalannya waktu.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam pembangunan jalan di wilayah pedalaman seperti Kalimantan Barat, terutama pada masa kolonial, praktik kerja rodi memang sering digunakan oleh pemerintah kolonial. 

Kerja rodi adalah sistem paksa atau kerja wajib yang dilakukan oleh penduduk setempat atau tenaga kerja berbayar untuk membantu dalam proyek konstruksi atau pembangunan infrastruktur, termasuk pembukaan jalan.

Tentang tumbal dan penggunaan kepala manusia, ada beberapa cerita lisan atau legenda dari masyarakat setempat yang mengisahkan tentang praktik semacam itu pada masa lalu, terutama dalam konteks upacara adat atau kepercayaan tradisional tertentu. 

Aka tetapi, kisahan seperti itu perlu dicatat bahwa informasi semacam ini cenderung bersifat mitos atau legenda. Dan mungkin juga  tidak memiliki dasar sejarah yang kuat.

Tentang tumbal dan kerja rodi pembuatan jalan dan jembatan ruas jalan Pontianak - Kapuas Hulu, ada beberapa laporan dan cerita seru nan seram. Benarkah?

Penting untuk diingat bahwa praktik kerja rodi dan tumbal tersebut tidak lagi dilakukan di zaman modern. Pembangunan infrastruktur di era sekarang dilakukan dengan prinsip-prinsip pembangunan yang lebih manusiawi dan berdasarkan pada standar dan etika modern dalam hal hak asasi manusia, kesejahteraan pekerja, dan perlindungan lingkungan.

Pembukaan jalan lintas Pontianak-Sanggau-Sintang-Kapuas Hulu pada masa kolonial Hindia Belanda merupakan proyek besar yang membuka aksesibilitas di wilayah tersebut. Namun, cerita-cerita yang terkait dengan tumbal, kerja rodi, dan praktik-praktik berdarah-darah harus dilihat sebagai bagian dari legenda dan cerita rakyat yang mungkin telah mengalami perubahan dan penafsiran seiring berjalannya waktu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url