Cornelis: Kaisar Dayak Sepanjang Sejarah


Cornelis, sosok yang kerap digelar "Kaisar". Sering pula dipanggil Pak Uda' atau Pak Karol. Siapa warga Kalimantan Barat tidak mengenal sosok berwatak keras namun berjiwa lembut ini?

27 Juli 2023. Di kediamannya di Ngabang. Pada hari ulang tahunnya ke-70. Ribuan manusia memberinya doa dan ucapan. Lautan manusia memenuhi Taman Bukit Cornelis. Selaksa jiwa berdoa dan mengucap syukur bersamanya dalam Misa Syukur Ulang Tahun ke-70 yang dipimpin Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus, Pr.

Siapa sebenarnya sosok pemimpin kharismatik ini? 

Masri Sareb Putra telah menulis biografi lengkap kiprah dan perjalanan politiknya dalam buku ini. 

Diterbitkan oleh Lembaga Literasi Dayak (LLD) pada tanggal 01 Juni 2021. Buku luks, kertas HVS, dan full color ini termasuk dalam kategori biografi dan berfokus pada tokoh Dayak.

Buku ini berisi kisah inspiratif tentang Drs. Cornelis, M.H., seorang pemimpin dan motivator yang menghadapi tantangan pasca berkuasa dengan sikap yang luar biasa. 

Setelah menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat selama dua periode (2008-2018), Cornelis tidak mengalami sindrom setelah tidak berkuasa seperti kebanyakan orang. Sebaliknya, dia tetap bersemangat, sehat, dan ceria, menjalani hari-harinya dengan vitalitas yang tinggi, serta mampu berperan dalam berbagai peran dan posisi.

Meskipun tidak lagi menjadi gubernur, Cornelis tidak melupakan akar rumputnya sebagai manusia Dayak. 
Baca Cornelis 70 Tahun

Selain menjadi anggota DPR di Senayan, dia tetap menjaga koneksi dengan rakyatnya dengan berkebun dan bertani. Bahkan di tengah kesibukannya sebagai wakil rakyat. Cornelis masih menyempatkan diri untuk terjun langsung ke ladang dan bercocok tanam. Ia mengajarkan dengan contoh bahwa Dayak adalah manusia alam yang sangat terikat dengan siklus kehidupan alam semesta.

Kisah dalam buku ini memotret seorang motivator dan pemimpin sejati, di mana kata-kata dan perbuatan menyatu menjadi satu. Drs. Cornelis, M.H., dilukiskan sebagai sosok yang penuh semangat dan menginspirasi, terlahir dari keluarga polisi dan lahir pada 27 Juli 1953. Kehidupan dan pengalaman luar biasanya dieksplorasi dan ditulis. Sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi sumber inspirasi bagi siapa saja yang membaca kisahnya.

Buku ini menghadirkan sebuah pustaka yang memerkaya, mencerahkan, dan memberikan inspirasi bagi pembaca dari berbagai latar belakang. 

Dari kisah seorang motivator & pemimpin, kita diajak untuk memahami bahwa sikap dan tekad yang kuat mampu menghadapi segala tantangan dalam kehidupan. Drs. Cornelis, M.H., mengajarkan kita untuk berani dan tidak takut menghadapi perubahan serta menjalani hidup dengan harmoni bersama alam semesta.

Apa inti pesan buku ini? Ambil dan baca sendiri! Namun, pesannya singkat saja: Jika Anda ingin sukses, lakukan apa yang orang sukses lakukan!

Sukses karier politik Cornelis, dirangkum buku ini. *)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url